Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisa Anggaran KKP Tahun 2015 Diperkirakan Capai Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 14/12/2015, 15:12 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan sisa anggaran tahun 2015 mencapapai Rp 1,5 triliun, atau 15 persen dari pagu APBN Perubahan 2015 sebesar Rp 10,5 triliun.

Sekretaris Jenderal KKP, Sjarief Widjaja menuturkan, sisa tersebut diperkirakan berasal dari efisiensi Rp 1 triliun yang telah dikembalikan ke kas negara, ditambah sisa serapan anggaran tahun ini.

“Kemarin yang dikembalikan saja sudah Rp 1 triliun. Jika dihitung dari Rp 10,5 triliun berarti sudah hampir 10 persen. Jadi insyaallah target kami, ada sisa anggaran 15 persen dari pagu,” kata Sjarief kepada wartawan, Senin (14/12/2015).

Sisa dana sebesar Rp 1 triliun akan diminta kembali di 2016 sebagai carry over 2015. Anggaran itu akan digunakan untuk program yang menyasar masyarakat langsung, seperti pembelian kapal, penambahan jaring apung, dan alat-alat tangkap.

“Kami menambah penguatan garam rakyat sama penjernihan garam supaya jadi garam industri,” jelas Sjarief.

Lebih lanjut dia bilang, KKP saat ini memegang prinsip, target kinerja tercapai dengan seminimum mungkin menggunakan uang negara.

Artinya, lanjut dia, kinerja KKP tidak diukur dari sebesarapa besar anggaran yang diserap.

“Sekarang rezimnya, rezim pembangunan yang berdampak pada masyarakat. Jadi, kalau spending uangnya enggak perlu, ya enggak usah,” pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com