Gandeng Jepang, India Bangun Kereta Cepat

Kompas.com - 15/12/2015, 08:09 WIB
Shinkansen di Jepang KOMPAS/C WAHYU HARYO PSShinkansen di Jepang
EditorErlangga Djumena

NEW DELHI, KOMPAS.com - India sepakat untuk membeli kereta peluru berkecepatan tinggi dari Jepang. Kesepakatan tersebut adalah salah satu upaya Pemerintah India untuk mengubah sistem transportasi menggunakan rel di India.

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan, kereta baru tersebut akan menghubungkan Mumbai dan Ahmedabad. Jika proyek tersebut terealisasi maka waktu perjalanan kedua wilayah tersebut akan terpangkas dari delapan jam menjadi dua jam.

Kesepakatan tersebut tercapai setelah dua negara itu berbicara insentif di New Delhi.

Perjanjian membangun jalan kereta peluru tersebut senilai 14,7 miliar dollar AS sudah diteken, Jumat (11/12/2015). Perjanjian dengan Jepang dilakukan tiga hari setelah Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berkunjung ke India.

Pemimpin negara dengan ukuran ekonomi terbesar kedua dan ketiga di Asia ini juga mengumumkan akan menjalin kerjasama di bidang lain. Seperti kerjasama teknologi pertahanan.

Dua negara juga menandatangani nota kesepahaman tentang penggunaan energi nuklir damai. Jepang akan mengekspor pembangkit nuklir ke India. (Avanty Nurdiana)



Sumber KONTAN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X