BRI Guyur Rp 3,7 Triliun ke Sektor Perikanan dan Kelautan

Kompas.com - 15/12/2015, 10:49 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berkomitmen untuk memfokuskan diri pada penyaluran kredit di sektor mikro dan usaha kecil menengah (UKM). Sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor yang memiliki porsi pembiayaan paling besar oleh perseroan.

Direktur Bisnis dan UKM BRI Mohammad Irfan menjelaskan, hingga bulan November 2015, perseroan telah menyalurkan pembiayaan mencapai Rp 3,7 triliun untuk sektor kelautan dan perikanan.

Dua bulan sebelumnya, realisasi penyaluran kredit perseroan di sektor tersebut mencapai Rp 2,9 triliun.

"Kalau dilihat memang paling banyak yang menerima kredit BRI 80 persennya adalah pengsuaha mikro. Dari jumlah Rp 3,7 triliun itu nasabah yang menerima kredit sudah lebih dari 100.000 nasabah," kata Irfan dalam diskusi panel "Semakin Intim dengan Maritim," Selasa (15/12/2015).

Lebih lanjut, Irfan memaparkan bahwa selama periode Januari hingga November 2015, penyaluran kredit BRI di sektor kelautan dan perikanan sudah menyasar ke lebih dari 141.000 nasabah.

Dalam menyalurkan kredit, perseroan memanfaatkan beragam kanal penyaluran, salah satunya adalah dengan agen laku pandai.

"Agen BRILink sudah mencapai para nelayan di berbagai daerah di Tanah Air. Kalau bicara pemerataan, program ini sangat bagus karena memang bisa menjangkau banyak orang," ujar Irfan.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga bulan September 2015 atau kuartal III-2015, pembiayaan yang telah disalurkan ke sektor kelautan dan perikanan mencapai Rp 20,1 triliun.

Adapun rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) di sektor ini mencapai 2,13 persen. Sementara itu, regulator mencatat penyaluran pembiayaan untuk subsektor perikanan tangkap mencapai Rp 4,2 triliun hingga September 2015. Adapun NPL di subsektor ini mencapai 3,05 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.