HMSP Kembali Masuk ke Penghitungan Indeks BEI

Kompas.com - 16/12/2015, 10:47 WIB
PT HM Sampoerna -PT HM Sampoerna
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) kembali masuk ke dalam penghitungan Indeks Bursa Efek Indonesia (BEI).  Direktur Utama HMSP Paul Janelle secara simbolis membuka perdagangan saham perseroan, Rabu (16/12/2015).

Setelah HMSP mengumumkan Penawaran Umum Terbatas Dalam Rangka Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PUT) pada bulan Oktober lalu, BEI telah memasukkan saham HMSP ke Penghitungan Indeks BEI secara bertahap.

Tahap pertama sebesar 25 persen pada 4 November 2015, 50 persen pada 18 November 2015, 75 persen pada 2 Desember 2015, dan 100 persen pada 16 Desember 2015.

Selain tercatat dalam indeks BEI, saham HMSP juga dimasukkan ke dalam Morgan Stanley Composite Index (MSCI).

Janelle menjelaskan, masuknya kembali HMSP membuat perseroaan harus memenuhi ketentuan BEI yang mewajibkan semua perusahaan terbuka yang terdaftar untuk memenuhi setidaknya 7,5 persen kepemilikan publik dari total modal disetor.

"Kami sangat mengapresiasi sambutan baik terhadap Penawaran Umum Terbatas Sampoerna. Pemasukan kembali saham Sampoerna dalam Indeks BEI menandai komitmen kami untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia dan semakin meningkatnya investasi Sampoerna," ujar Janelle di Jakarta, Rabu (16/12/2015).

HMSP kini memiliki kapitalisasi saham terbesar di BEI sebesar Rp 440,6 triliun dengan harga penutupan Rp 94.700 per lembar saham. Adapun komponen indeks BEI terdiri dari Indeks Harga Saham Gabungan, Indeks Papan Utama, Indeks Sektor Industri Barang Konsumsi, dan Indeks Sektor Manufaktur.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X