Kompas.com - 17/12/2015, 08:46 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar saham domestik kemarin (16/12) kembali menguat. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menanjak 1,68 persen ke 4.483,45.

William Surya Wijaya, analis Asjaya Indosurya Securities, menjelaskan, kenaikan IHSG ini adalah tren pergerakan indeks di pengunjung akhir tahun dan menjelang Natal. "Ini tanda-tanda Santa Rally," kata dia, Rabu (16/12/2015).

Kenaikan ini juga didukung sejumlah data ekonomi, yang menyebabkan iklim makro ekonomi lokal menjadi lebih kondusif.

Sayang, sentimen positif ini masih dibatasi kewaspadaan atas melemahnya harga minyak dunia dan depresiasi nilai rupiah.

William menambahkan, indeks masih berpeluang menguat pada hari ini (17/12/2015). Tapi syaratnya, IHSG wajib mengkonfirmasi level 4.504 untuk mengukuhkan pola bullish. Sementara support saat ini terjaga kuat di 4.370.

Lanjar Nafi, analis Reliance Securities, sependapat. "Peluang melanjutkan penguatan masih terbuka dengan range 4.470-4.555," tambah dia.

Secara teknikal, indikator stochastic terlihat mulai rebound dari area oversold dengan momentum RSI yang mendukung.

Selanjutnya, IHSG akan menguji resistance MA50 di level 4.525 dengan target kedua bullish gartley di level 4.555. (Dityasa H Forddanta)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.