Bank Mandiri: Dana Pinjaman dari China Sudah Cair

Kompas.com - 18/12/2015, 17:19 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, tiga bank milik negara yakni Bank Mandiri, BNI dan BRI menandatangani kesepakatan pinjaman senilai total 3 miliar dollar AS dengan Bank Pembangunan China (China Development Bank/CDB), guna membiayai proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, dana pinjaman dari China tersebut sudah cair. Selain itu, perseroan pun sudah memperoleh beberapa debitor yang akan menerima kucuran pinjaman tersebut.

"(Pinjaman dari) CDB ada beberapa pipeline, sudah kita ajukan. Dananya sudah cair. Ada beberapa debitur yang sudah kita peroleh dan dana itu sudah kita mintakan," kata Rohan di Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Rohan menjelaskan, perseroan menerima dana pinjaman sebesar 1 miliar dollar AS. Hingga hari ini, dana sebesar 800 miliar dollar AS sudah diambil. Adapun dana tersebut dipergunakan untuk membiayai program-program infrastruktur.

"Totalnya 1 miliar dollar AS. Yang sudah diambil 880 juta dollar AS sampai hari ini. Proyeknya kebanyakan infrastruktur. 880 juta dollar AS itu kita penarikan fasilitas pinjaman CDB dari komitmen 1 miliar dollar AS," jelas Rohan.

Dari total pinjaman, masing-masing bank yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI, menerima pinjaman sebesar satu miliar dollar AS dengan jangka waktu 10 tahun. Selain itu 30 persen dari dana pinjaman tersebut akan diterima dalam mata uang Renminbi (RMB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.