Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Industri Tekstil dan Pakaian Minus di Kuartal III-2015

Kompas.com - 18/12/2015, 20:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaporkan pertumbuhan industri nonmigas tercatat 5,2 persen pada kuartal III-2015.

Capaian ini lebih rendah dibandingkan 5,6 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Salah satu industri yang mencatatkan rapor merah dalam kinerja industri hingga kuartal III-2015 adalah industri tekstil dan pakaian jadi.

Hingga kuartal III-2015, industri tekstil mengalami pertumbuhan negatif, yakni -0,88 persen atau sedikit membaik dari kuartal II-2015 sebesar -1,22 persen.

Sementara itu, pertumbuhan industri pakaian jadi pun mengalami pertumbuhan negatif. Hingga kuartal III-2015, tercatat pertumbuhan industri pakaian jadi berada pada posisi -6,26 persen, dibandingkan dengan -5,18 persen pada kuartal II-2015.

"Menurunnya permintaan global dan penyelundupan pakaian bekas dari luar negeri menyebabkan industri tekstil dan pakaian jadi menurun. Tapi, sekarang ini masalah penyelundupan sudah mulai ditindak," kata Sekretaris Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kemenperin Setio Hartono di Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Apabila digabungkan, capaian pertumbuhan sektor industri tekstil dan pakaian jadi mencapai -6,14 persen pada kuartal III-2015. Capaian ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu, yakni 1,38 persen.

Dalam paparannya, Setio menyatakan bahwa pada dasarnya industri tekstil dan produk tekstil merupakan salah satu penyumbang utama sektor industri pengolahan, karena keunggulannya dalam meraih devisa ekspor.

Di samping itu, industri ini pun menyerap tenaga kerja yang sangat signifikan dan memasok kebutuhan pasar domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com