Zhou Qunfei, dari Buruh Menjadi Miliarder (1)

Kompas.com - 19/12/2015, 22:47 WIB
Zhou Qunfei KONTANZhou Qunfei
EditorErlangga Djumena
KOMPAS.com - Zhou Qunfei terlahir dari keluarga yang miskin. Kala usia 15 tahun, dirinya memutuskan untuk keluar dari sekolah karena ketiadaan biaya. Namun kerja keras, telah merubah jalan hidup wanita yang lahir 45 tahun silam tersebut. Berdasarkan catatan Forbes, Zhou kini adalah pemilik kekayaan senilai 7,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 102,2 triliun (kurs RP 14.000 per dollar AS).

Zhou Qunfei adalah pendiri Lens Technology, perusahaan pembuat layar sentuh (touchscreen) bagi industri ponsel pintar (smartphone). Sejumlah klien Lens Technology diantaranya Apple, Samsung, dan Huawei.

Forbes mencatat, hingga Desember 2015 kekayaan bersih ibu dari dua anak, yang kini berusia 45 tahun itu mencapai 7,3 miliar dollar AS.

Kerja keras, mengangkat derajat Zhou yang terlahir dari keluarga miskin di daerah Xiangxiang, Provinsi Hunan, China. Karena kebutuhan ekonomi, pada umur 15 tahun, Zhou keluar dari sekolah menengah untuk kemudian bekerja di salah satu pabrik di Shenzen, Provinsi Guangdong.

Di Shenzen, Zhou memilih bekerja di perusahaan yang dekat dengan Universitas Shenzhen. Di sana, Zhou mengambil kursus pendek di sebuah universitas, ketika rutinitas bekerja usai. Zhou mengambil kursus akuntansi, komputer dan manufaktur.

Zhou yang bekerja di pabrik pembuat aksesoris jam tangan, lantas memilih keluar dari pekerjaan untuk membangun usaha sendiri setelah merasa cukup memiliki modal dan pengetahuan.

Hal itu dilakukan Zhou kala berusia 23 tahun, atau tepatnya pada tahun 1993. Zhou mengambil keputusan ini setelah mendengarkan masukan dari sepupunya.

Saat memulai usaha, Zhou menggunakan uang tabungannya sebanyak  20.000 dollar  Hongkong atau setara 2.580 dollar AS. Bersama kakak, adik dan dua sepupunya, Zhou memulai bisnis pembuatan kaca untuk jam tangan, berbekal pengetahuannya selama bekerja di pabrik aksesoris jam.

Dalam perkembangannya, bisnis Zhou kian berkembang. Hingga pada tahun 2001 atau delapan tahun selang pendirian perusahaan, Zhou memenangkan kontrak berharga untuk membuat layar handphone bagi produsen elektronik China yaitu TCL Corporation.

Setelah dipercaya sebagai produsen pembuat layar handphone, pada 2003, Zhou bersama sang suami mendirikan perusahaan Lens Technology, yaitu produsen pembuat layar gadget. Awal berdiri, perusahaan ini adalah perusahaan pesaing dari Bai En, perusahaan awal tempat Zhou bekerja.

Namun dengan kompetensi dan pengalaman dalam membuat layar gadget, Lens kemudian dipercaya sebagai produsen layar dari beberapa pabrikan elektronik ternama seperti Samsung, Apple dan Huawei. Bahkan kini Lens dipercaya membuat layar bagi jam tangan Apple dengan menggunakan teknologi layar sapphire crystal.

Lens menyempurnakan kesuksesannya ketika pada Maret 2015 menjual saham perusahaan ke publik alias penawaran umum perdana saham (IPO) di bursa efek Shenzhen. Dari aksi IPO, kepemilikan saham Zhou di Lens yang semula 99,1 persen, berkurang menjadi 88 persen.

Sepanjang sepekan pasca IPO, harga saham Lens selalu melonjak melebihi batas kenaikan harga saham yang diperkenankan bursa Shenzen yang sebesar 10 persen.Kenaikan harga saham Lens menyebabkan kekayaan bersih Zhou naik hingga lima kali lipat.

Kesuksesan Lens, mendorong  Zhou menjadi wanita miliarder di China. Kerja keras Zhou yang sempat menjalani masa-masa sulit, kini terbayar sudah. Dia boleh bangga, sebab saat ini, Lens tercatat mampu menghidupi kurang lebih 60.000 pegawai.

Sebagai catatan, pendapatan Lens Technology pada tahun 2014 membukukan pertumbuhan sebanyak 8,6 persen menjadi 2,3 miliar dollar AS. Sebagian besar pendapatan perusahaan merupakan kontribusi dari pemain smartphone terbesar, yakni Apple dan Samsung.

Mimpi Zhou tidak berhenti sampai di sini saja. Ke depan, Zhou menargetkan akan terus mengembangkan usaha dengan melakukan sejumlah diversifikasi pada bisnis Lens Technology. Selain itu, Lens  juga akan mengembangkan beberapa teknologi terbaru dalam hal produksi layar sentuh dari aneka bahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber KONTAN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X