Kompas.com - 22/12/2015, 07:36 WIB
Ilustrasi KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Waspadai koreksi rupiah, setelah sepekan terakhir menguat. Di pasar spot kemarin (21/12/2015), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat 0,79 persen ke 13.808 dibanding sehari sebelumnya.

Sementara kurs tengah rupiah di Bank Indonesia (BI) menguat 1,14 persen ke 13.872.

Agus Chandra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, mengatakan, kebijakan Bank Sentral Jepang (BoJ) yang tidak menambah stimulus moneter secara tidak langsung mengangkat rupiah.

"Pasca keputusan BoJ Jumat lalu, dollar AS melemah, sehingga mengangkat rupiah," ujar Agus.

Dari dalam negeri, optimisme Bank Indonesia (BI) pada outlook rupiah tahun depan menambah katalis positif.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, rupiah akan lebih stabil di tahun 2016 setelah The Fed menaikkan tingkat suku bunga.

Trian Fathria, Research and Analyst Divisi Tresuri Bank BNI juga menilai, arah kenaikan suku bunga The Fed yang sudah diprediksi pasar terus mengangkat rupiah.

"Keputusan BI mempertahankan suku bunga juga sesuai harapan," kata dia.

Data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada Selasa (22/12/2015) menjadi sentimen pergerakan rupiah selanjutnya.

Hari ini, Trian memprediksi rupiah melanjutkan penguatan di 13.700-13.850. Agus memprediksi, rupiah melemah di 13.800-13.900. (Wuwun Nafsiah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber KONTAN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.