Awal Tahun, Pemerintah Akan Turunkan Harga Premium Sekitar Rp 300

Kompas.com - 22/12/2015, 23:31 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas) Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja mengatakan, Premium akan turun pada kisaran nominal Rp 300 pada Januari 2016.

"Insya Allah akan turun di kisaran Rp 200-Rp 300 untuk Premium," katanya usai menggelar jumpa di Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Untuk harga solar, lanjut dia, bisa turun lebih dari Rp 500 pada bulan Januari 2016.

"Untuk pastinya, besok (Rabu 23/12/2015) akan diumumkan secara resmi, jadi tunggu saja info pasnya," kata Wiratmadja.

Ia juga menjelaskan, adanya kebijakan batas atas dan bawah untuk penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Banyak negara menerapkan hal tersebut, maksudnya ketika harga turun di bawah sekali, ada batasan yang harus menjadi patokan, begitu juga sebaliknya, itu bisa menjadi solusi yang baik," katanya.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said juga telah memastikan harga BBM sesuai dengan perhitungan data akan turun seperti harga minyak dunia pada bulan Januari 2016.

"Hampir dipastikan akan turun harga pada bulan Januari 2016. Namun, nominal pastinya belum bisa saya sebutkan," kata Sudirman.

Ia menjelaskan sesuai dengan aturan kebijakan penurunan harga per tiga bulan serta kuantitas mengikuti harga pasaran. Setelah kenaikan harga terakhir Oktober 2015, Januari 2016 tepat setelah tiga bulannya.

Menurut dia, hingga saat ini masih di-review mengenai penentuan harganya. Sebelum akhir tahun, sudah diumumkan hasilnya nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.