Kompas.com - 23/12/2015, 08:41 WIB
|
EditorErlangga Djumena
TANAH KARO, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyatakan, dirinya membela para petani. Sehingga, ia melakukan serangkaian upaya guna menjaga agar kesejahteraan para petani tetap terjaga.

Menurut Amran, hal utama yang penting bagi petani bukanlah bantuan maupun alokasi anggaran dari pemerintah. Akan tetapi, kata Amran, para petani pada dasarnya membutuhkan kepastian harga di pasar agar dapat tetap terus memproduksi.

"Petani kalau ada kepastian harga, dia pasti menanam. Kalau harga wajar, dia akan jalan. Petani tidak butuh APBD, tapi harga, kepastian harga," kata Amran dalam acara panen raya jagung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Selasa (22/12/2015).

Lebih lanjut, Amran menegaskan, petani tidak butuh bantuan karena dapat mandiri dan mengelola lahannya sendiri. Yang paling penting, imbuh dia, ketika harga jual di pasaran menguntungkan, maka petani dapat dengan nyaman melakukan kegiatan tanam dan panen.

"Petani itu tidak butuh bantuan, yang penting harga untung di sudah nyaman. Kemudian dia bisa beli traktor sendiri," ungkap Amran.

Amran pun memuji taraf hidup dan penghasilan para petani, khususnya petani jagung di Karo, yang perlahan membaik ketika produksi melimpah dan harga dapat terjaga dengan baik. Ketika harga jual dari tingkat petani menguntungkan, maka petani akan memperoleh penghasilan yang baik dan terdorong untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

"Yang penting harganya bagus. Kabupaten yang serius akan kita dukung. Yang serius akan kami dorong, kalau tidak serius ya kita tidak serius juga membantu," jelas Arman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.