Permudah Kredit Mikro, BJB Bangun 12 Titik Pelayanan

Kompas.com - 23/12/2015, 15:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
BANDUNG, KOMPAS.com – Bank BJB menambah 12 titik pelayanan untuk penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Barat dengan nama Kredit Cinta Rakyat (KCR).

“Enam titik ada di Bandung Raya, wilayah III (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) sebanyak dua titik, serta wilayah 2 dan 4 sebanyak empat titik,” ujar Direktur Utama Bank BJB, Ahmad Irfan di Bandung, Rabu (23/12/2015).

Ahmad Irfan menjelaskan, KCR merupakan program Pemerintah Provinsi Jabar untuk membantu menggerakan perekonomian masyarakat di wilayah ini.

Bunga yang diterapkan KCR paling rendah, hanya 8,3 persen dan BJB menjadi satu-satunya bank penyalur.

“KCR ini primadona. Sampai sekarang jumlah dana yang disalurkan mencapai Rp 450 miliar,” ucap Irfan.

Itu artinya, pelaku UMKM berhasil mengembalikan dana yang dipinjamnya. Bahkan bisa dibilang tingkat kredit macet (NPL) kecil.

Adapun plafon pembiayaan program ini sebesar Rp 50 juta per pengusaha.

“Program ini luar biasa. Lewat program ini, sebanyak 31.000 tenaga kerja yang terserap. Bunganya paling rendah. KUR saja bunganya 12 persen sedangkan KCR hanya 8,3 persen,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.