Kompas.com - 24/12/2015, 06:07 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akhirnya menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar menjadi masing-masing Rp 7.150 per liter dan Rp 5.950 per liter. (baca: Harga Premium Turun Jadi Rp 7.150, Solar Jadi Rp 5.950)

Harga Premium hanya turun Rp 150 per liter. Sedangkan harga Solar turun Rp 850 per liter.

Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Sudirman Said bilang, harga solar turun cukup besar, karena harga keekonomiannya sudah turun sebesar 18 persen.

Sementara untuk Premium penurunannya memang tipis, karena harga patokan dalam Means of Platts Singapore (MOPS) hanya turun 8 persen saja.

Adapun, harga yang berlaku saat ini untuk kedua jenis BBM masing-masing Rp 6.700 per liter dan Rp 7.400 per liter.

"Harga ini akan mulai berlaku mulai tanggal 5 Januari 2016 nanti," ujar Sudirman, Rabu (23/12/2015) di Istana Negara, Jakarta.

Adapun jeda waktu antara pengumuman dan masa berlaku terjadi untuk memberikan waktu bagi penjual di SPBU menghabiskan stok yang saat ini ada.

Sehingga tidak merugikan pengecer. (Asep Munazat Zatnika)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber KONTAN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.