Kompas.com - 24/12/2015, 19:49 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Saat merayakan Natal, pengeluaran bisa membengkak. Pos-pos biaya untuk menyiapkan kado untuk kerabat, memasak hidangan khas, menghias rumah, hingga membeli pakaian baru untuk keluarga biasanya tak terduga.

Ya, tanpa persiapan, momen hari raya tak jadi berkesan alih-alih berantakan. Lalu, bagaimana cara menyiapkan anggaran dan membelanjakannya dengan bijak?

Sejumlah tips ini bisa jadi antisipasi:

Rencana

Anggaran belanja untuk pengeluaran musiman seperti Natal haruslah proporsional. Jangan sampai hitungan pengeluaran menyedot tabungan terlalu banyak.

Klasifikasikan pengeluaran sesuai jenis. Misalnya, bedakan antara pos pengeluaran untuk kado dan persiapan hidangan di rumah. Hal ini untuk menghindari pengeluaran membengkak untuk satu alokasi saja.

List belanja

Lalu, buatlah list belanja. Daftar ini berguna untuk mengontrol keinginan impulsif belanja, seperti membeli benda yang tak dibutuhkan.

Buat daftar berurutan menurut prioritas. Sesudah punya daftar, patuhilah.

Khusus untuk daftar belanja hidangan Natal, pastikan Anda sudah mengetahui menu apa yang ingin dimasak. Susun rinci bahan makanan yang diperlukan untuk menu itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X