Jasa Marga Perkirakan Puncak Arus Balik Mulai 2 Januari

Kompas.com - 26/12/2015, 04:15 WIB
Pintu tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat. KONTAN/MURADIPintu tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat.
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggara jasa tol PT  Jasa Marga mengantisipasi kenaikan intensitas kendaaraan bermotor saat arus balik liburan Natal dan Tahun Baru, yang puncaknya diperkirakan pada 2 Januari 2016.

"Kami sudah bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan rekayasa lalu lintas seperti contra flow, buka tutup tempat peristirahatan di lokasi rawan macet, prioritas pembukaan lajur. Hal-hal itu akan ditingkatkan pada arus balik nanti," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT  Jasa Marga Wasta Gunadi saat dihubungi di Jakarta, Jumat (25/12/2015).

Menurut Wasta, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kepolisian Resor setempat seperti Polres Bogor, Polres Karawang, dan pengelola tempat istirahat tol untuk memitigasi peningkatan intensitas kepadatan lalu lintas saat arus balik nanti.

Misalnya untuk salah satu ruas tol padat, seperti Tol Cikampek, Wasta memperkirakan puncak arus balik bisa terjadi pada 2 hingga 3 Januari 2016.

Wasta belum dapat mengungkapkan perkiraan jumlah kendaraan yang akan melintas Tol Cikampek pada arus balik nanti. Namun, sebagai gambaran, kata dia, hingga Rabu (23/12/2015) lalu, jumlah kendaraan sudah meningkat 11 persen dibanding hari biasa.

"Saat Rabu, jumlah kendaraan yang masuk Tol Cikarang sampai 104.000. Jika hari biasa, jumlah kendaraan yang melintas sekitar 76.000," katanya.

Rekayasa buka tutup tempat peristirahatan biasanya akan dilakukan di kilometer (KM) 19, Km 33, dan Km 39 arah Cikampek.

Pasalnya, berdasarkan pantauan sejak Rabu malam lalu, kepadatan lalu lintas terjadi karena arus masuk keluar kendaraan di tempat peristirahatan itu.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X