Bermodal Rp 800.000, Kini David Raih Omzet Ratusan Juta

Kompas.com - 01/01/2016, 09:09 WIB
David Yuwono KONTAN/CAROLUS AGUS WALUYODavid Yuwono
EditorErlangga Djumena
KOMPAS.com - Menjadi pengusaha di usia belia sudah menjadi jalan hidup David Yuwono. Lulusan Sekolah Bisnis Prasetya Mulya ini merintis usaha tas denim bernama Dry Bag sejak 2011. Kini omzet usahanya telah mencapai Rp 100 juta per bulan.  

Berjiwa pengusaha dan mampu mencium peluang bisnis rasanya cocok menggambarkan sosok David Yuwono. Pria lulusan Prasetiya Mulya Business School tahun 2013 silam ini masih relatif belia, yakni 24 tahun. Namun, pengalamannya berbisnis sudah cukup banyak.

Sejak berusia 19 tahun, David sudah bertekad untuk bisa mencari uang sendiri. Dia pernah menjajal berbisnis makanan, MLM, menjadi agen asuransi hingga agen properti.

Apalagi ketika mengenyam pendidikan di kampus yang sangat dekat dengan pelatihan di bidang bisnis dan manajemen, membuatnya peka dengan teori dan praktik berbisnis.

Di semester III, David merintis usaha membuat tas berbahan denim yang dia namakan Dry Bag. Ide ini terpicu dari bahan denim yang sedang tren kala itu di dunia fesyen. Dia lantas mengaplikasikannya sebagai bahan baku produk tas.  

Keunikan produknya terletak dari bahan denim yang dipilih. Jenis dan warna denim untuk produk tas buatannya bisa memudar seiring berjalannya waktu.

"Ini membuat tas terlihat lebih menarik dan keren," ujarnya.

Tak hanya itu, bahan baku tas pun dilapisi kain anti air dan pelapis yang diolesi minyak anti api.

Sebagai pengusaha yang baru merintis usaha tas denim Dry Bag di 2011, David Yuwono cukup sulit mencari pasar. Dia memulai dari lingkungan sekitar, seperti teman-teman di kampus dan adik kelasnya di SMA dulu. Penjualan lewat online pun dia jalani. Banyak kendala yang dia hadapi di awal usaha. 

Modal Rp 800.000
Pengalaman menjadi penjual membuat David Yuwono percaya diri menjajakan produk tas denim Dry Bag buatannya. Awalnya dia mulai memasarkan produk pada lingkungan terdekat. Dengan bermodal uang tabungan senilai Rp 800.000, David membuat beberapa tas sebagai contoh, yakni tas ransel yang simpel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber KONTAN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X