Tunggu Inflasi, Rupiah Melorot ke Kisaran 13.900

Kompas.com - 04/01/2016, 08:59 WIB
Ilustrasi
KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot, Senin (4/1/2016), langsung terpuruk hingga sempat menembus level 13.900.

Data Bloomberg menunjukkan, mata uang garuda pukul 08.30 WIB berada di posisi Rp 13.908 per dollar AS. lebih lemah dibandingkan sebelumnya pada 13.830.

Pada Jumat (1/1/2016) lalu, di pasar spot, rupiah merosot 0,31 persen ke level Rp 13.830 per dollar AS dibanding sebelumnya. Sementara kurs tengah Bank Indonesia Kamis (31/12/2015) posisi rupiah tergelincir tipis 0,01 persen di level Rp 13.795 per dollar AS.

Menjelang pengumam inflasi oleh BPS hari ini, rupiah masih didominasi faktor eksternal.

Ada beberapa data ekonomi Amerika Serikat yang dinantikan dan bisa menjadi penggerak rupiah seperti ISM Manufacturing index Desember 2015 yang diduga naik dari 48,6 ke level 49,1 serta ism manufacturing prices yang juga meningkat dari 35,5 ke 36,5.

Belum lagi penurunan harga minyak dunia. Itu akan ikut menjadi beban commodity currency seperti rupiah.

“Eksternal masih jadi downside catalyst bagi rupiah,” kata  Ekonom Bank Permata Josua Pardede seperti dikutip Kontan.

Ia menuturkan, daya dorong bagi rupiah bisa datang jika rilis data inflasi hari ini bergerak seperti dugaan pasar. Inflasi Desember 2015 diperkirakan akan meningkat sekitar 0,61 persen namun secara year on year (YoY) akan berada di level 3 persen.

“Tentunya ini positif dan berada di bawah target yang ditetapkan BI jadi bisa menopang pergerakan rupiah jika dirilis sesuai,” jelas Josua.

Jika inflasi terkendali maka iklim investasi di tanah air akan lebih atraktif yang tentunya menambah panjang daftar sentimen positif bagi rupiah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.