Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Dorong BUMN Melantai di Bursa

Kompas.com - 04/01/2016, 12:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

OJK berharap akan lebih banyak BUMN yang melakukan Penawaran Umum Perdana atau Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2016 ini.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan, OJK terus melakukan komunikasi secara mendalam kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan persamaan persepsi.

Selain itu, Nurhaida pun memaparkan manfaat yang diperoleh BUMN bila melantai di bursa.

"OJK sangat proaktif memberikan masukan kepada pihak-pihak terkait, sebetulnya IPO itu banyak baiknya pengawasan lebih baik, lebih transparan dan lainnya," kata Nurhaida di BEI, Senin (4/1/2016).

Nurhaida berpandangan, banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah cukup kuat dan sudah sepantasnya melantai di bursa.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada BUMN yang melakukan pendaftaran IPO ke OJK.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan, Kementerian BUMN pun mendorong BUMN yang belum mencatatkan saham di Bursa untuk IPO.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta emiten BUMN agar lebih meningkatkan saham yang beredar. "Siapa sajanya, nanti kami sedang lihat-lihat dulu yang mana," ujar Rini singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com