Menlu: Tugas Menteri Penghubung untuk Dorong Investasi

Kompas.com - 05/01/2016, 14:53 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan tugas menteri penghubung yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo beberapa tahun lalu adalah terkait upaya peningkatan investasi.

Dengan demikian, perdagangan luar negeri pun akan meningkat. "Penunjukkan menteri penghubung dalam rangka meningkatkan termasuk debottlenecking masalah-masalah yang menghambat kerjasama kemajuan investasi," ujar Retno Selasa (5/1/2016).

Meskipun demikian, lanjut Retno, secara keseluruhan koordinator hubungan luar negeri tetap berada di tangan Menlu. Pasalnya, ada undang-undang di mana Menlu bertindak sebagai koordinator hubungan luar negeri Indonesia.

Terkait perdagangan luar negeri, Retno menjelaskan banyak elemen yang terkandung di dalamnya. Dalam perdagangan luar negeri, jelas Retno, tidak hanya mengandung elemen perdagangan, namun juga investasi dan pariwisata.

"Dalam konteks bagaimana kita memajukan, Kemenlu tidak bisa lepas sendiri. Kami bekerjasama dengan BKPM yang dibentuk untuk peningkatan investasi. Dengan adanya penujukkan ini (menteri penghubung) akan mempercepat investasi," terang Retno.

Beberapa waktu lalu, Jokowi menunjuk 12 menteri sebagai menteri penghubung bagi negara lain yang ingin menanamkan investasinya di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.