Harga BBM Turun, Biaya Logistik Harus Lebih Murah

Kompas.com - 05/01/2016, 19:28 WIB
Seorang petugas SPBU berdiri di depan mesin pompa bertuliskan Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015) YOGA SUKMANA/KOMPAS.comSeorang petugas SPBU berdiri di depan mesin pompa bertuliskan Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) belum tentu diikuti dengan penurunan tarif angkutan barang. Sebab, penentuan tarifnya tidak ditentukan pemerintah, tetapi oleh pengusaha angkutan barang.

Kementerian Perhubungan bahkan secara gamblang meminta para pengusaha menjadi contoh baik dengan menyesuaikan tarif.

"Tarif (angkutan barang) tidak ditetapkan pemerintah, tetapi berdasarkan mekanisme pasar," ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Sugihardjo di Jakarta, Selasa (5/1/2015).

Dorongan agar tarif angkutan barang turun juga disuarakan para pengusaha logistik. Melalui Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), para pengusaha bahkan sudah memiliki hitungannya.

"Turunnya solar sebesar Rp 1.050 atau 16 persen, seharusnya bisa menurunkan biaya transpor sampai 10 persen, apalagi kalau kita bandingkan harga solar di Januari 2015 yang mencapai Rp 7.250. Jadi, solar sudah turun sampai 22 persen dari tahun lalu," kata Ketua ALI Zaldy Masita.

Baik pemerintah maupun pengusaha logistik berpendapat, inilah waktu yang tepat untuk mengefisienkan biaya logistik nasional yang tinggi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X