Kompas.com - 05/01/2016, 21:42 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dinilai bisa belajar dari Vietnam sebagai negara yang mampu menarik investasi asing melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dikembangkannya.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal menyebutkan banyak perusahaan multinasional seperti Samsung, Blackberry, maupun Foxconn akhirnya memilih menanamkan investasinya di KEK Vietnam ketimbang Indonesia.

"Hal ini tidak lepas karena berbagai insentif yang ditawarkan Vietnam, seperti pembebasan pajak hingga 30 tahun di samping upah buruh murah," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (5/1/2016).

Hingga tahun 2014, KEK di Vietnam sudah berhasil menangkap 49 persen dari total investasi asing dan berkontribusi terhadap 4 persen dari total tenaga kerja.

Paling tidak, kata Faisal, ada tiga hal mendasar yang perlu menjadi perhatian pemerintah dalam mengembangkan KEK.

Pertama, menajamkan rencana dan arah pengembangan KEK, serta menyinergikannya dengan perencanaan pembangunan nasional.

Kedua, meningkatkan kualitas institusi dan membagi kewenangan secara lebih tegas dalam pengelolaan KEK.

"Pengembangan KEK semestinya juga diintegrasikan dengan program-program pemerintah lainnya. Misalnya, rencana program 100 technopark oleh pemerintah sebaiknya diintegrasikan dengan pembangunan KEK," terang Faisal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.