Pengusaha Kapal Sebut Harga BBM Masih Mahal

Kompas.com - 06/01/2016, 10:33 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi pengusaha kapal yang tergabung dalam Indonesian National Shipowner Association (INSA) menilai harga BBM saat ini masih mahal.

Meski harga solar per liter Rp 5.750, bagi pelaku usaha di bidang perkapalan masih terlalu berat.

Ketua Umum INSA, Carmelia Hartoto memaparkan 60 persen beban usahanya dititikberatkan pada harga BBM. Jika harga tidak bisa diturunkan, wanita yang akrab dipanggil Memey setidaknya berharap pemerintah menghapus PPn pada harga jual BBM.

"Kita masih ingin pemerintah menghilangkan PPn dari BBM, dan menurunkan lagi BBM," ujar Memey di kantor INSA, Selasa (5/1/2016/2015).

Memey menilai harga BBM di Indonesia masih sangat tinggi dibandingkan negara lainnya. Karena itu biaya barang dan logistik masih mahal.

"Jadi harga barangnya masih tetap tinggi," kata Memey. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.