Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konglomerat China Ini Ingin Kuasai Studio Hollywood

Kompas.com - 06/01/2016, 11:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Konglomerasi asal China, Dalian Wanda dikabarkan tengah melakukan pembicaraan untuk membeli saham pengendali studio film AS, Legendary. Kalau pembicaraan ini final, maka konglomerasi yang dikabarkan terkait dengan Partai Komunis China ini akan masuk ke elemen penting Hollywood.

Konglomerasi yang bergerak di bidang properti dan media ini dikendalikan oleh orang terkaya China, Wang Jianlin (61).

Diwartakan Financial Times dan New York Times, grup yang dipimpin Wang itu sudah berada di tahap lanjut untuk membeli studio film yang menggarap film-film laris seperti Godzilla dan Pacific Rim.

Studio-studio Legendary Entertainment kabarnya memiliki valuasi sekitar 3 miliar dollar AS hingga 4 miliar dollar AS. Meskipun demikian, belum ada komentar apapun dari pihak Dalian Wanda terkait aksi korporasi tersebut.

Berdasarkan data Motion Picture Association, China memperoleh pendapatan terbesar kedua di dunia dari box office, setelah AS.

Sebelumnya Wang pernah menarik perhatian publik ketika ia membeli saham mayoritas di jaringan bioskop AS AMC Entertainment seharga 2,6 miliar dollar AS.

Di China sendiri, Dalian Wanda memiliki lebih dari 200 mall, kompleks perbelanjaan, hotel-hotel mewah, dan jaringan bioskop terbesar China.

Sebagai putra seorang kapten Tentara Merah Komunis, Wang menjadi prajurit sebelum ia mendirikan Dalian Wanda di era 1980-an dan membangunnya dengan disiplin ala militer.

Saat ini, Wang berada di urutan 13 daftar orang terkaya dunia menurut peringkat Bloomberg. Hingga Selasa (5/1/2016), kekayaannya tercatat mencapai 33,9 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 475 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com