Desember 2015, Indeks Keyakinan Konsumen Meningkat

Kompas.com - 06/01/2016, 17:47 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen menguat pada akhir tahun 2015.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2015 tercatat sebesar 107,5, naik 3,8 poin dari bulan sebelumnya meskipun belum setinggi periode yang sama tahun lalu.

Bank sentral mencatat, peningkatan IKK tersebut didorong peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang tercatat naik masing-masing sebesar 6,2 dan 1,4 poin.

"Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga meningkat pada Maret 2016," tulis BI dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Indikasi tersebut, kata bank sentral tecermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang naik 8,3 poin menjadi 160,6.

Kenaikan harga terbesar diperkirakan terjadi pada kelompok perumahan, listrik, gas dan bahan bakar.

Sementara itu, ntuk kondisi 6 bulan mendatang, yakni bulan Juni 2016, konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Adapun posisi pinjaman 6 bulan yang akan datang diperkirakan lebih rendah dari bulan sebelumnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X