Ketua INACA: Saya Tidak Tahu Airlinerating.com, kalau Skytrax Kredibel...

Kompas.com - 08/01/2016, 15:23 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Arif Wibowo mengatakan, pihaknya tidak tahu pasti kiprah lembaga pemeringkat Airlinerating.com.

Hal tersebut disampaikan Arif, terkait banyaknya maskapai Indonesia yang masuk dalam daftar maskapai paling tidak aman di dunia, yang dirilis oleh situs tersebut.

Menurut Arief, lembaga pemeringkat independen yang selama ini banyak maskapai gunakan sebagai referensi atau acuan adalah Skytrax, yang berbasis di Inggris.

"Saya tidak tahu kalau Airlinerating.com, kalau Skytrax dari UK dia kredibel, semua maskapai tahu," kata Arief di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Direktur Utama Garuda Indonesia ini Arief mengatakan, pihaknya tidak tahu pasti apa dasar Airlinerating.com menyebut penerbangan Indonesia berbahaya. Sebab, pertumbuhan pasar dan bianis maskapai Indonesia terbilang besar.

"Kita juga concern ke peningkatan safety. Kalau bisnis maskapai itu kan ada tiga aspek utamanya, safety, on time performance, dan hospitality," jelas Arief.

Arief menjelaskan, maskapai nasional anggota INACA telah memiliki komitmen yang jelas akan aspek keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Safety is mandatory dan INACA berkomitmen agar seluruh maskapai selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan," kata Arief.

Dia menambahkan, maskapai anggota INACA patuh pada regulasi keamanan dan keselamatan yang ada, baik dari pemerintah, International Civil Aviation Organization (ICAO), Federal Aviation Administration (FAA) dan European Aviation Safety Agency (EASA), serta regulasi lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.