Inalum Ingin jadi Pemegang Saham Mayoritas di "Smelter" Bauksit Mempawah

Kompas.com - 08/01/2016, 21:42 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) ingin memperoleh saham mayoritas di perusahaan patungan pemurnian bauksit antara Inalum, PT Aneka Tambang Tbk, dan Aluminium Corporation of China Limited (Chinalco), di Mempawah, Kalimantan Barat.

"Inalum mayoritas karena kami off taker," ucap Direktur Utama Inalum, Winardi Sunoto di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Sementara itu, pembagian saham antara Inalum-Antam dan Chinalco diharapkan BUMN mendapatkan porsi mayoritas, 51 persen.

Winardi menjelaskan, ke tiga perusahaan akan membuat perusahaan patungan (join venture) tahun ini. Perusahaan JV itulah yang akan membangun pabrik pemurnian bijih bauksit atau Smelter Grade Alumina (SGA).

"Setelah bentuk perusahaan, diharapkan pada kuartal-III 2016 sudah bisa dilakukan EPC," lanjut Winardi.

Tender diperkirakan memakan waktu antara 3 hingga 4 bulan lamanya, lantaran besarnya investasi proyek berkapasitas dua juta ton alumina per tahun tersebut.

"Investasinya 1,5 miliar dollar AS untuk kapasitas dua juta ton. Tapi tahap awal, kita satu juta ton alumina terlebih dahulu," terang Winardi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kuartal-III ditargetkan konstruksi smelter bisa dilakukan, dan bisa mulai beroperasi pada 2019. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno berharap dalam tiga tahun ke depan, industri dalam negeri bisa memproduksi produk hilir dari sektor pertambangan.

"Pak Tedy (Antam) dan Winardi saya harapkan dalam tiga tahun ke depan, kita harus mampu memproduksi produk akhir," kata Rini.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X