Arab Pertimbangkan Jual Saham Aramco

Kompas.com - 10/01/2016, 17:07 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena
DOHA, KOMPAS.com - Arab Saudi tengah mempertimbangkan melepas saham Saudi Aramco, perusahaan minyak terbesar milik negara itu. Pihak Saudi Aramco menyatakan tengah mempelajari opsi untuk mengizinkan partisipasi publik dalam kepemilikan ekuitas raksasa minyak itu.

Dalam pernyataan resmi, Jumat (8/1/2016) waktu setempat, Saudi Aramco pun menyatakan tengah mempelajari opsi untuk melakukan penawaran umum perdana alias Initial Public Offering (IPO) terhadap grup atau anak usaha.

Saudi Aramco adalah perusahaan minyak terbesar dunia. Perusahaan ini memproduksi 12 persen minyak mentah dunia dan memiliki 261 miliar barrel cadangan minyak atau sekitar 15 persen cadangan minyak dunia.

Pertimbangan Arab Saudi untuk menjual saham Saudi Aramco dipandang menunjukkan situasi keuangan negara itu yang sebenarnya. Pasalnya, pertimbangan ini muncul ketika harga minyak jatuh ke posisi terendah selama 12 tahun.

"Arab Saudi mengalami belanja yang besar, tidak terkontrol, dan tidak berkelanjutan di sektor pertahanan dan subsidi. Mereka benar-benar ingin meningkatkan cadangan uang," kata Luay al-Kahatteeb, pakar ketahanan energi dan anggota Brookings Doha Center.

Minyak menyumbang 75 persen pendapatan Arab Saudi dan jatuhnya harga minyak menampar keras perekonomian negara itu. Akhirnya, Arab Saudi pun mengalami defisit anggaran hingga mencapai 100 miliar dollar AS, dan memaksa pemerintah mencabut subsidi sekaligus menaikkan harga BBM hingga 50 persen.

Pekan ini, harga minyak jatuh pada level terendah dalam 12 tahun. Harga minyak menurun tajam dari sekitar 100 dollar AS per barrel menjadi hanya sedikit di atas 33 dollar AS per barrel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X