Menyingkirkan Batu Sandungan Jiwa

Kompas.com - 11/01/2016, 10:11 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi
EditorErlangga Djumena

Oleh Jazak Yus Afriansyah
@jazakYA

KOMPAS.com -  Setelah Resolusi Tahun 2016 kita buat, kini saatnya kita menuju pada 1 tahapan yang sangat penting dan menentukan yaitu implementasi atau tindakan nyata untuk mewujudkan semua yang kita tuangkan dalam resolusi.

Ya karena hanya dengan tindakan atau action yang membuat perbedaan antara sang pemimpi dengan sang pemimpin masa depan, dan untuk melakukan sebuah tindakan nyata adalah sangat menantang boleh dibilang sungguh sulit.

Pada berbagai kesempatan dialog atau diskusi sering saya lemparkan pertanyaan yang provokatif. Siapakah penghambat terbesar dari semua resolusi yang telah kita buat sendiri? Apakah orang lain ataukah diri kita sendiri?

Dan faktanya sebagian besar mereka mangatakan “sebenarnya yang paling bertanggung jawab terhadap kegagalan saya mencapai resolusi ya saya sendiri.”

Lantas bagaimana dengan Anda? Apa jawaban atas pertanyaan di atas?

Maka bersyukurlah jika kita ada dalam rombongan manusia yang sadar bahwa ternyata peran diri kita lebih besar dan berdampak pada keberhasilan atau kegagalan mencapai visi yang terpahat pada resolusi, dibandingkan dengan peran orang lain atau keadaan diluar sana.

Jika demikian, lalu apakah yang terjadi pada diri kita ketika kita sangat sulit sekali berdamai dengan diri kita sendiri? Kadang kita merasakan sangat berat menghentikan kebiasaan yang terbukti berulang kali menghancurkan mimpi Anda. Atau barangkali kita menjadi tidak yakin dan kurang percaya bahwa sesungguhnya kita mampu untuk melakukan itu.

Inilah yang kami sebut sebagai Batu Sandungan Jiwa, istilah kerennya sering disebut dengan Mental Block, yaitu suatu keadaan yang membuat manusia terhalang melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi hidup mereka sendiri.

Akibat dari Batu Sandungan Jiwa ini, banyak sekali rekan kami yang merasa tidak bahagia dengan apa yang dijalaninya saat ini, dan semoga Anda bukan salah satu dari mereka.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X