Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKPM: Asing Bisa Kuasai 100 Persen Kepemilikan di Tujuh Sektor Wisata

Kompas.com - 20/01/2016, 19:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk membuka tujuh bidang usaha di sektor pariwisata untuk asing dengan kepemilikan hingga 100 persen.

Tujuh bidang usaha asing tersebut adalah bidang usaha restoran, bar, cafe, serta empat bidang usaha di bidang gelanggang olahraga yakni renang, sepakbola, tenis lapangan dan sport center.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani memaparkan tujuh bidang usaha yang akan dibuka 100 persen untuk asing tersebut merupakan relaksasi regulasi.

Saat ini, rata-rata pembatasan kepemilikan bagi asing di sektor yang dilonggarkan ini maksimal 49 persen dan 51 persen untuk asing.

“Dengan terbukanya kepemilikan saham 100 persen untuk asing, maka investor yang akan menanamkan modalnya dapat langsung menanamkan modalnya,” paparnya.

Franky menyampaikan bahwa dengan dibukanya tujuh bidang usaha tersebut diharapkan dapat meningkatkan aliran investasi asing dalam bidang usaha tersebut.

“Ini cukup positif  untuk mendorong masuknya investasi dari sektor-sektor pariwisata yang juga termasuk dalam sektor prioritas BKPM,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com