Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernanke: Perlambatan China Tidak Ancam Ekonomi Dunia

Kompas.com - 21/01/2016, 18:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

HONG KONG, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Federal Reserve Ben Bernanke menyatakan perlambatan ekonomi China bukan menjadi ancaman terhadap perekonomian global. Hal ini diutarakannya saat menghadiri acara Asian Financial Forum di Hong Kong sebagaimana warta laman atimes.com hari ini.

Menjawab pertanyaan yang diajukan wartawan, Bernanke mengungkapkan perekonomian dunia menghadapi masalah yang jauh lebih besar ketimbang perlambatan ekonomi China yang saat ini tengah terjadi. "Saya tidak berpikir perlambatan ekonomi China tidak separah itu untuk mengancam ekonomi global," ujar Bernanke.

Lebih lanjut, Bernanke pun menyatakan pemerintah China telah menciptakan perkembangan yang baik dalam mengubah struktur ekonomi negara itu menjadi berbasis konsumsi dengan sektor jasa yang lebih meluas. Dia menambahkan, investor internasional cenderung bereaksi berlebihan terhadap masalah yang dihadapi China.

Sebaliknya, kata Bernanke, para investor harus menyesuaikan diri dengan pertumbuhan ekonomi China yang melambat. Namun demikian, mantan pimpinan The Fed ini mengkhawatirkan bank sentral China atau People’s Bank of China (PBOC) akan semakin tidak transparan, khususnya terkait pengelolaan mata uang yuan. Menurut Bernanke, ketika bank sentral memiliki kebijakan yang transparan dan memberikan sinyal kebijakan yang jelas, pasar akan mendukung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com