Rizal Ramli Sebut Ada "Raja-Raja Kecil" di Perdagangan Antar-Pulau

Kompas.com - 21/01/2016, 19:44 WIB
Menteri Koordinator Bidang Maritim Rizal Ramli menyampaikan pandangannya dalam bidang ekonomi saat berkunjung ke kantor Tribun di Jakarta, Kamis (7/1/2016). TRIBUN / DANY PERMANAMenteri Koordinator Bidang Maritim Rizal Ramli menyampaikan pandangannya dalam bidang ekonomi saat berkunjung ke kantor Tribun di Jakarta, Kamis (7/1/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, perdagangan antar-pulau saat ini masih kurang efektif. Akibatnya, banyak terjadi perbedaan harga dan gangguan suplai.

Hal itu menyoroti masih tingginya harga daging sapi di wilayah DKI Jakarta, padahal pemerintah telah menganggarkan dana cukup besar untuk pengadaan kapal ternak.

Rizal menyatakan, yang dibutuhkan rakyat saat ini adalah sistem perdagangan yang kompetitif.

"Memang tadi ada laporan perdagangan antar-pulau juga tidak kompetitif. Ada raja-raja kecil lah," kata Rizal di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Harusnya, sambung Rizal, selama perdagangan itu dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak ada hambatan sama sekali.

"Sejauh mungkin kita harus kurangin hambatan perdagangan antar-pulau," kata Rizal.

Sebelumnya, pada November 2015, Presiden Joko Widodo meresmikan Kapal Perintis 750 DWT, kapal khusus pengangkut hewan ternak, di Desa Ujung Piring, Kecamatan Kamal, Selasa (10/11/2015).

Ani Puji Utami, Direktur Utama PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia, selaku perusahaan pembuat kapal, menjelaskan, kapal angkutan ternak yang diresmikan Presiden Jokowi hari itu merupakan kapal pertama di Indonesia untuk jenis tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.