Pabrik Tekstil yang Diresmikan Jokowi Sumbang 10,5 Juta Dollar AS ke Ekspor Nasional

Kompas.com - 23/01/2016, 10:23 WIB
|
EditorErlangga Djumena
WONOGIRI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo Jumat (22/1/2016) meresmikan Pabrik PT Nesia Pan Pacific Clothing di Wonogiri, Jawa Tengah. PT Nesia Pan Pacific Clothing adalah perusahaan keenam yang dimiliki Grup Pan Pacific, investor asal Korea Selatan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan, kelompok usaha ini telah mempekerjakan tenaga kerja Indonesia sebanyak 14.850 orang dengan nilai investasi mencapai 138 juta dollar AS. Grup ini pun berkontribusi 115 juta dollar AS per tahun terhadap nilai ekspor nasional.

Franky menuturkan, PT Nesia telah membangun 2 dari rencana 7 pabrik di Wonogiri. Total tenaga kerja yang diserap diharapkan mencapai 12.600 orang. Perusahaan ini akan memproduksi 1,5 juta pakaian dengan nilai ekspor sebesar 10,5 juta per dollar AS per tahun.

Seluruh pakaian produksi PT Nesia dibuat untuk memenuhi pasar ekspor, dengan pasar terbesar adalah Amerika Serikat dan Eropa.

"Kami mengapresiasi keberadaan PT Nesia di Wonogiri karena dapat menjadi penggerak pembangunan wilayah melalui penyerapan tenaga kerja maupun multiplier effect mendukung sektor ekonomi lainnya serta mengurangi arus urbanisasi ke kota-kota besar," kata Franky di lokasi pabrik PT Nesia di Wonogiri, Jumat.

PT Nesia melakukan perekrutan tenaga kerja dari masyarakat sekitar dan melakukan pelatihan tenaga kerja secara mandiri. PT Nesia pun telah menjalin kerjasama dengan desa-desa yang ada di sekitar perusahaan dan SMK di Wonogiri untuk pemenuhan tenaga kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.