BNI Targetkan Penyaluran KUR Capai Rp 10 Triliun Tahun 2016

Kompas.com - 25/01/2016, 15:32 WIB
Pedagang kerajinan di Wisata Balaikota sedang melakukan jual beli kepada pengunjung. Banyak terdapat pedagang dari mulai pedagang makanan khas Betawi, kerajinan, dan baju-baju di Lobi Blok G Balaikota Jakarta. Minggu (13/9/2015). KOMPAS.COM/KHUSWATUN HASANAHPedagang kerajinan di Wisata Balaikota sedang melakukan jual beli kepada pengunjung. Banyak terdapat pedagang dari mulai pedagang makanan khas Betawi, kerajinan, dan baju-baju di Lobi Blok G Balaikota Jakarta. Minggu (13/9/2015).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2016 sebesar Rp 10 triliun, atau meningkat sekira tiga kali lipat dibandingkan realisasi penyaluran KUR pada tahun 2015.

"Peningkatan target tersebut merupakan upaya BNI dalam mendorong bergeraknya perekonomian, khususnya bagi para pelaku usaha kecil yang mengalami banyak tekanan akibat perlambatan ekonomi," kata Direktur Bisnis Banking I BNI Sutanto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Pada 2015, BNI menyalurkan KUR hanya pada periode Agustus - Desember 2015, Dalam kurun waktu tersebut, penyaluran KUR perseroan mencapai Rp 3,4 triliun atau lebih tinggi dari target sebesar Rp 3,2 triliun. Dengan demikian, dalam sebulan BNI mampu menyalurkan KUR antara Rp 900 miliar hingga Rp 1 triliun. Karena itulah pada 2016, BNI menargetkan pertumbuhan KUR yang signifikan.

"Pada tahun 2016, kita pastikan penyaluran KUR ritel Rp 10 triliun karena kita ahlinya di ritel. Selain itu, Rp 500 miliar untuk mikro dan Rp 1 triliun untuk TKI," jelas Sutanto.

Sutanto menyatakan perseroan optimis dapat menyalurkan KUR sesuai target. Sebab, masih banyak potensi outlet KUR yang belum dimanfaatkan. "Saat ini ada 111 outlet. Lalu 30 sampai 40 unit juga sudah dipersiapkan tahun lalu. SDM pun akan ditambah dengan jumlah memadai. Kami telah melakukan rekrutmen internal sebanyak 116 orang," tutur Sutanto.

Sebagian besar KUR yang disalurkan merupakan KUR Ritel dengan plafon Rp 25 juta hingga Rp 500 juta. Sementara mayoritas pelaku usaha yang mendapatkan fasilitas KUR bergerak di sektor perdagangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X