Akhir Tahun, Harga Minyak Dunia Diprediksi Naik Kembali

Kompas.com - 27/01/2016, 10:41 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Standard Chartered Bank Aldian Taloputra memprediksim akhir tahun 2016, harga minyak mentah dunia akan kembali naik.

"View kami harga minyak akan naik akhir tahun ini," ujar Aldian di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Setidaknya ada dua alasan yang menyebabkan harga minyak mentah naik akhir tahun ini. Pertama, produksi minyak mentah dari negara non-OPEC, seperti China dan Amerika Serikat menurun jauh. Sehingga, dampak pada pasokan global akan tidak terlalu signifikan.

Adapun soal ketakutan pada produksi minyak Iran yang akan masuk, dia mengatakannya pihaknya tidak terlalu khawatir. Karena, kata dia walaupun Iran mengklaim akan bisa menyalurkan pasokan minyak hingga 1 juta barrel per hari, menurut Aldian realisasinya tidak akan setinggi itu.

"Kita lihat tidak semudah itu menaikan produksinya. Iran sudah kena sanksi sejak lama sehingga tidak akan ada investasi besar-besaran di sektor itu," ujar Aldian.

Dampaknya, sebut dia, sumur-sumur minyak Iran tidak akan beroperasi secara optimal karena tidak dirawat dengan baik beberapa tahun ke belakang.

"Stance kita kalau dijumlah-jumlah efek non-OPEC turun dan OPEC naik, sisi permintaan akan lebih besar. Harga di akhir tahun akan naik," ucap Aldian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.