Mendag: Perang Ekonomi Abad 21 Banyak di Jasa

Kompas.com - 27/01/2016, 13:00 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong menyampaikan, seiring dengan turunnya harga-harga komoditas, nilai barang-barang saat ini menjadi lebih murah.

"Perang ekonomi abad 21 banyak di jasa," kata Thomas dalam sambutan rapat kerja Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Rabu (26/1/2016).

Thomas mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi, harga barang-barang juga lebih murah.

Dia mencontohkan gawainya yang seharga 700 dollar AS kini, mungkin dalam 10 tahun ke depan harganya menjadi 70 dollar AS.

Oleh karena kompetisi menuju pada jasa, Thomas meminta semua pihak untuk tidak lagi menangisi bahwa pabrikan gawai kenamaan Samsung, ada di Vietnam.

"Kita enggak usah nangis-nangis (tidak ada pabrikan), langsung saja kita loncat, kita bikin aplikasi jasa software-nya," kata Thomas.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan pula tema World Economic Forum yang sudah dilangsungkan pekan kemarin di Davos, Swiss, yakni Revolusi Industri Keempat. Indonesia harus mengikuti era ini agar tidak ketinggalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.