AP II akan Jadikan Bandara Soekarno-Hatta Sebagai "Airport Transit" Internasional

Kompas.com - 27/01/2016, 17:47 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
TANGERANG, KOMPAS.com - Angkasa Pura II (AP II) berhasrat menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai bandara transit internasional. Hasrat itu muncul jelang dioperasikannya Terminal 3 Ultimate.

"Kita jadikan ini jadi transit airport bukan untuk kota-kota di Indonesia, tapi tansit kota di dunia," ujar Budi Karya Sumadi di Tangerang, Rabu (27/1/2016).

Selama ini, kata dia, bandara yang menjadi tempat transit penerbangan internasional di kawasan Asia Tenggara adalah Changi Singapura dan International airport Kuala Lumpur Malaysia.

Budi ingin Bandara Internasional Soekarno-Hatta pun menjadi pesaing Changi dan Kuala Lumpur Airport.

"Jangankan dengan Changi, tapi dengan Kuala Lumpur saja kalah untuk jumlah transit. Kita itu untuk penerbangan internasional 12 juta penumpang (setahun). Sedangkan Malaysia di atas 20 juta dan mayoritas itu transit," kata Budi.

Dia yakin akan banyak manfaat besar bila Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa menjadi bandara transit internasional. Misalnya, peningkatkan jumlah kunjungan turis asing.

Seperti diketahui, pengoperasian tahap pertama Terminal 3 ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta direncanakan dimulai pada akhir Mei 2016.

Nantinya, seluruh penerbangan internasional akan dialihkan ke terminal tersebut. Selain itu, seluruh penerbangan maskapai Garuda Indonesia baik internasional maupun domestik juga akan dialihkan ke terminal baru yang mampu menampung 25 juta penumpang per tahun itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.