Penyaluran Kredit Mikro Bank Mandiri Tembus Rp 42,4 Triliun

Kompas.com - 28/01/2016, 18:40 WIB
Tabita Nugroho <tabita.nugroho@gmail.com> Tabita Nugroho
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melaporkan penyaluran kredit mikro mencapai Rp 42,4 triliun hingga Desember 2015. Rasio penyaluran kredit mikro tersebut meningkat 22,9 persen.

Kredit dengan plafon maksimal senilai Rp 200 juta tersebut disalurkan kepada hampir 1,1 juta debitur. Sebagian besar debitur tersebut merupakan pelaku usaha mikro di sektor perdagangan.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, di samping Kredit Mikro, perseroan juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk KUR, sejak diluncurkan pada Oktober 2007, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp 21,68 triliun hingga akhir Desember 2015 kepada 466.946 debitur. "Dalam menyalurkan Kredit Usaha Mikro dan KUR, Bank Mandiri senantiasa memfokuskan pada optimalisasi jaringan dan nasabah Bank Mandiri agar dapat menjangkau pelaku-pelaku usaha prospektif dan potensial yang mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat,” kata Rohan dalam keterangan resmi, Kamis (28/1/2016).

Penguatan kredit ke segmen mikro juga dilakukan dengan terus menambah kantor cabang maupun kios mikro di daerah. Saat ini, jaringan mikro Bank Mandiri meliputi 1.427 unit gerai Mandiri Mitra Usaha, 994 Cabang Mikro, 653 kios mikro, 7 kantor kas, dan 6 mobilMU. “Pada tahun 2016, kami menargetkan penambahan penyaluran kredit agar dapat mencapai target pertumbuhan Kredit Mikro sebesar 21,6 persen target 2016 penyaluran KUR sebesar Rp 13 triliun pada tahun ini,” ungkap Rohan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X