Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, "E-Commerce" Tetap Menjanjikan

Kompas.com - 28/01/2016, 20:22 WIB

 

KOMPAS.com - Di tengah perlambatan perekonomian global, bisnis dengan menggunakan sistem perdagangan elektronik atau lazim dikenal sebagai e-commerce masih menjanjikan. Catatan CLSA sebagaimana termaktub dalam laman clsa.com hari ini menunjukkan bahwa e-commerce khususnya dari pelaku bisnis langsung kepada konsumen (B2C) menghasilkan pencapaian hingga 1,12 miliar dollar AS pada 2014.

Lantaran keberhasilan itu, banyak pelaku bisnis Indonesia membuka usaha di dunia daring (dalam jaringan). Pada segmen ini pelaku bisnis beragam mulai dari segmen lokal hingga yang sudah mendunia.

Catatan dari Linc Group hari ini menunjukkan bahwa pihaknya meluncurkan bisnis baru bernama 8Commerce. Dalam perjalanan bisnisnya, 8Commerce bermodalkan 600 armada dan 7 titik pergudangan seluas 85 ribu meter persegi. Pergudangan-pergudangan itu ada di Jabodetabek, Medan, Palembang, Surabaya, Semarang, Bandung, dan Pontianak.

Menurut CEO Linc Group Hans Leo, bisnis pada 8Commerce berada dalam kategori rantai pasokan atau supply chain terintegrasi. Secara ringkas, ada empat layanan pokok 8Commerce yakni pembangunan e-commerce yang mengakomodasikan kebutuhan pemasaran dan mudah guna, strategi pemasaran digital dan offline yang terintegrasi, operasional toko yang efektif cepat dan efisien, dan sistem pergudangan dan pengiriman (e-commerce fulfillment center).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com