KCIC Jamin Tingkat Keamanan KA Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 29/01/2016, 15:50 WIB
Ilustrasi teknologi kerata cepat Asia ThinkstockIlustrasi teknologi kerata cepat Asia
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menjamin tingkat keamanan KA cepat Jakarta-Bandung tinggi.

Hal itu lantaran kereta cepat mengadopsi system control CTCS-3 yang telah mendapatkan sertifikasi dari Loyd’s dan TUV serta sertifikasi Safety Implementation Level (SIL) 4.

"Saat ini SIL 4 merupakan level tertinggi dalam sertifikasi signaling yang sederajat dengan teknologi signaling dunia, seperti Alstom, Siemens dan Bombardier," kata Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jakarta, Jumat (29//2016).

Menurut dia, kereta berkecepatan tinggi itu memiliki tingkat pemeriksaan, pengawasan, pemeliharaan yang tinggi dan secara menyeluruh terhadap berbagai fasilitasnya.

Di antaranya yakni fasilitas kereta, jalur kereta, jembatan, sistem sinyal komunikasi dan jaringan kontak, hingga pemantauan pergerakan roda dengan rel.

Selain itu, kata Hanggoro, teknologi yang terpasang juga memiliki fasilitas sistem deteksi dini (early warning system) terhadap bencana.

Nantinya, tutur dia, pembangunan rel kereta cepat itu juga akan disesuaikan dengan kondisi iklim dan geologi yang rawan gempa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pengujian yang komprehensif terhadap sarana serta prasarana untuk meyakinkan kereta dapat beroperasi aman dan tepat melebihi 99 persen dari standar EMU (Electricity multiple unit)," kata Budi.

Kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki platform teknologi EMU China dengan kecepatan 350 Km/Jam. Namun lantaran disesuaikan dengan jarak tempuh, pada tahap komersial awal kecepatanya 200 km/jam. Sehingga waktu tempuh Jakarta-Bandung 140,9 km sekitar 45 menit.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X