Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC Minta Jaminan Kereta Cepat, Jonan Bergeming

Kompas.com - 01/02/2016, 22:45 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta jaminan pemerintah untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Namun, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan bergeming. Ia menegaskan tidak akan memberikan jaminan apapun kepada proyek senilai 5,5 miliar dollar AS atau Rp 76,4 triliun itu (kurs 13.900).

"Sikap Menhub tetap. Tidak ada jaminan dalam bentuk apa pun," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M. Djuraid kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Selain itu, Hadi juga menuturkan bahwa Jonan hanya akan memberikan waktu konsesi proyek KA cepat selama 50 tahun. Waktu konsesi itu berlaku setelah ditandatangi.

"Bukan setelah kereta cepat beroperasi," kata Hadi.

Terakhir mengenai hak eksklusif jalur KA Cepat Jakarta-Bandung, Hadi mengatakan bahwa Menhub Jonan tidak memberikan hak itu untuk lintasan dan kawasan di sekitar proyek tersebut .

Sementara PT KCIC mengaku terus berupaya berbicara kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Saat ini, KCIC mengutamakan bahwa pembicaraan dengan Kemenhub berjalan baik.

"Yang dibicarakan macam-macam, tetapi progresnya positif," kata Direktur Utama PT KCIC saat dihubungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com