"Right Issue", XL Axiata Targetkan Raup 500 Juta Dollar AS

Kompas.com - 02/02/2016, 13:25 WIB
Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini saat peresmian jaringan 4G LTE XL di Jakarta, Selasa (18/11/2015) Marsya Pamela/ KOMPAS.comPresiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini saat peresmian jaringan 4G LTE XL di Jakarta, Selasa (18/11/2015)
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk berencana menerbitkan saham baru atau right issue sebesar 500 juta dollar AS.

Penerbitan saham baru ini digunakan untuk membayar pinjaman perseroan. Presiden Direktur dan CEO XL Dian Siswarini mengungkapkan, aksi korporasi ini dilakukan sebagai bagian dari strategi XL dalam memperkuat possi keuangan dan mengurangi resiko dan dampak valuta asing.

Adapun utang XL sampai dengan 2015 tercatat Rp 27 triliun dari sebelumnya Rp 29,6 triliun.

"Kita sudah jalani tahun 2015 sebagai tahun transformasi. Tahun ini (2016) kita ingin bersih-bersih 'lemak' dengan lebih efisien," kata Dian di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Proses aksi korporasi ini sendiri masih harus mendapat persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dijadwalkan digelar pada 10 Maret 2016.

Rights issue ini diharapkan bisa selesai pada semester I-2016. Adapun penasihat keuangan yang ditunjuk untuk aksi korporasi ini yakni Credit Suisse dan Mandiri Sekuritas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X