Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Pemerintah Berupaya Gerakkan Ekonomi untuk Kurangi PHK

Kompas.com - 03/02/2016, 19:32 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) yang tidak sedikit di sejumlah perusahaan. Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha menggerakan ekonomi agar kembali bisa menyerap tenaga kerja.

"Ya memang begitu. Tapi kita usahakan ekonomi tetap berjalan sehingga PHK itu berkurang," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (3//2/2016).

Menurut Wapres, kondisi ekonomi bisa terlihat dari tingkat pertumbuhan. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama sebesar 4,71 persen, kuartal kedua 4,67 persen dan kuartal ketiga 4,73 persen.

Sementara untuk kuartal empat 2015, datanya belum dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Namun Bank Indonesia (BI) memperkirakan ekonomi Indonesia pada kuartal keempat akan tumbuh lebih baik dari kuartal tiga.

Terkait kabar Panasonic yang akan tutup, Kalla mengaku tidak tahu kabar tersebut. Presiden Komisaris Grup Panasonic Gobel Rachmat Gobel sudah membantah Panasonic menutup pabriknya di Indonesia. Mantan Menteri Perdagangan ini menyatakan, pihaknya sedang menggabungkan (merger) dua unit bisnis lampunya untuk mengikuti perkembangan teknologi dan memperkuat daya saing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com