Kompas.com - 05/02/2016, 09:37 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi RI selama tahun 2015 mencapai 4,79 persen. Adapun untuk kuartal IV-2015, ekonomi tumbuh 5,04 persen lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang hanya 4,73 persen.

Kepala BPS Suryamin menuturkan, nilai Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp 2.270,4 triliun. Sedangkan PDB atas dasar harga berlaku (ADBH) mencapai Rp 2.945 triliun.

Suryamin menuturkan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2015 dipengaruhi faktor situasi dalam negeri.

Pertama, inflasi Desember 2015 yang mencapai 3,35 persen yoy. Kedua, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang menguat 5,88 point to point pada akhir kuartal IV dibandingkan kuartal III-2015.

Selain itu, realisasi belanja pemerintah meningkat sebesar 6,37 persen secara yoy.

“Ini karena ada belanja infrastruktur yang cukup besar (di kuartal IV),” kata Suryamin dalam paparan, Jumat (5/2/2016).

Faktor lain yaitu realisasi penerimaan pajak yang mencapai Rp 439,39 triliun pada kuartal IV-2015, dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya mencapai Rp 336,30 triliun.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.