Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKPM: Tidak Semua Pabrik Panasonic di Indonesia Tutup

Kompas.com - 09/02/2016, 15:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan tidak semua pabrik perusahaan elektronik Panasonic menutup operasional pabrik dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan.

BKPM menilai, jumlah karyawan yang terkena gelombang PHK tidak sebesar yang diberitakan selama ini.

"Panasonic punya puluhan perusahaan di Indonesia. Yang tutup hanya industri lampu. Yang 10 lainnya tidak apa-apa," kata Deputi Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis di Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Azhar menjelaskan, pabrik lampu Panasonic di Pasuruan dan Cikarang akan dipindahkan dan disatukan ke Bogor. Sehingga, ini menjadi alasan pabrik di kedua kota tersebut ditutup.

"Toshiba juga ada 4 perusahaan yang biasa-biasa saja. Consumer product seperti televisi itu sedang kesusahan di Timur Tengah," jelas Azhar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan, pihaknya sudah menerima klarifikasi dari kedua perusahaan tersebut terkait penutupan pabrik dan PHK karyawan.

Berdasarkan klarifikasi yang diterima, jumlah karyawan yang terkena PHK tidak mencapai ribuan seperti yang dilaporkan sebelumnya.

"Info yang saya terima Panasonic ada 425 (karyawan yang terkena PHK) dan Toshiba 360. Tidak sebesar yang muncul di media," ungkap Franky.

Selain itu, kata Franky, BKPM juga sudah menerima klarifikasi dari pihak Yamaha dan Honda terkait isu PHK karyawan. Menurut dia, kedua perusahaan tersebut telah mengklarifikasi tidak ada PHK terhadap karyawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com