Harga Minyak Global Sedikit Terkerek Pasca Imlek

Kompas.com - 10/02/2016, 20:45 WIB
Ilustrasi Minyak KOMPAS/TOTO SIHONOIlustrasi Minyak
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
LONDON, KOMPAS.com - Harga minyak mengalami 'rebound' pada penjualan di Rabu setelah beberapa waktu sebelumnya mengalami penurunan. Beberapa analis mewaspadai kenaikan harga yang terbatas.

"Investor China dan pedagang kembali untuk menyokong pasar setelah libur Tahun Baru China (Imlek). Mereka membeli minyak mentah dengan harga diskon," kata Daniel Ang, analis Philip Futures.

Menurut Ang, 'rebound' tersebut tidak bisa bertahan, sebab Departemen Energi AS berencana untuk melaporkan kenaikan produksi minyak negara ini.

"Isu utama di minyak adalah masih adanya oversupply. Fundamentalnya masih sama," tambah dia.

Harga minyak mentah turun tajam dari 100 dollar AS per barrel di pertengahan 2014 menjadi dibawah 30 dollar AS per barrel di Januari. Penyebabnya, overproduksi, oversupply dan rendahnya permintaan serta perlambatan ekonomi China.

Sebelumnya pada perdagangan Rabu (10/02/2016), harga Brent North Sea untuk pengiriman April naik 54 sen menjadi 30,39 dollar AS per barrel.

Di AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman MAret bertumbuh 45 sen menjadi 28,39 dollar AS per barrel.                  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.