Belanja Iklan TV dan Media Cetak Positif pada 2015

Kompas.com - 11/02/2016, 11:43 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Data Nielsen Advertising Information Services menyebutkan, belanja iklan televisi (TV) dan media cetak tumbuh 7 persen sepanjang 2015, hingga mencapai angka Rp 118 triliun.

"Pergerakan pertumbuhan belanja iklan memang negatif di awal 2015," kata Hellen Katherina, Direktur Eksekutif Media, Nielsen Indonesia, melalui rilis kepada Kompas.com, Kamis (11/2/2016).

Namun, tanda-tanda memulihnya aktivitas belanja iklan sudah mulai terlihat di kuartal III-2015 dan terus bergerak naik hingga pada akhir tahun menjadi positif.

Pada kuartal IV-2015, belanja iklan TV dan media cetak meningkat sebesar 17 persen dibandingkan kuartal IV-2014. Angka pertumbuhan pada kuartal IV-2015 mengindikasikan kepercayaan diri pasar sudah pulih.

Jika dilihat dari jenis media, pertumbuhan belanja iklan pada 2015 lebih didorong oleh pergerakan yang positif di televisi, yang secara total meningkat sebesar 12 persen.

Dari sisi kategori produk, sepanjang 2015 kategori Pemerintahan dan Organisasi Politik masih memberikan kontribusi tertinggi untuk nilai belanja iklan, yaitu mencapai Rp 7,4 triliun, dengan angka pertumbuhan tahunan meningkat sebesar 7 persen.

Sementara jika dilihat dari merek-merek yang beriklan baik di televisi maupun media cetak, dua merek mi instan terbesar, yaitu Indomie dan Mie Sedaap, menjadi kontributor tertinggi. Total belanja iklan masing-masing sebesar Rp 971 miliar dan Rp 733 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.