Sumbar Banjir, Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Terkendali

Kompas.com - 12/02/2016, 18:43 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan stok pangan, harga, dan distribusi bahan pangan pokok pasca banjir di sejumlah daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, masih aman, stabil, dan terkendali.

Pantauan juga dilakukan di Pasar Gunung Malintang, Jorong Batu Balah yang berlokasi sekitar enam jam dari Kota Padang. Pasar ini menampung sekitar 100 pedagang.

“Kemendag akan mengusahakan perbaikan pasar ini,” kata Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis kemendag Robert James Bintaryo usai meninjau Desa Nagari Gunung Malintang, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, melalui rilis ke KOMPAS.com, Kamis (11/02/2016).

Antisipasi Arus Distribusi

Selain Kabupaten Lima Puluh Koto, jajaran Kementerian Perdagangan juga meninjau Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Hingga saat ini harga bahan pangan pokok terpantau stabil dan arus distribusi masih lancar.

Namun demikian, akses jalan utama Solok-Kerinci (Jambi) dilaporkan tergerus banjir sehingga menyebabkan satu jalur mengalami kerusakan.

Kondisi jalan masih bisa dilewati oleh kendaraan sedang, namun dikhawatirkan terputus jika hujan datang dan dapat menghambat transportasi bahan kebutuhan pokok di daerah tersebut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.