Kompas.com - 19/02/2016, 14:47 WIB
|
EditorJosephus Primus
SINGAPURA, KOMPAS.com - PT Jababeka Tbk berniat untuk membeli 12 unit helikopter H130 dari Airbus Helicopters.  Hal tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandangani kedua pihak di ajang Singapore Airshow 2016, Jumat (19/2/2016).

Helikopter tersebut akan digunakan untuk menyediakan layanan shuttle yang menghubungkan Jakarta dengan lebih dari 100 properti dalam jaringan Jababeka. Layanan ini akan dimulai dari kawasan industri utama Jababeka di Cikarang, Jawa Barat.

"Walaupun Cikarang hanya terletak 25 km dari Jakarta, namun lalu lintasnya bisa memakan waktu hingga tiga sampai empat jam, layanan transportasi pengumpan atau shuttle helikopter ini sudah dibutuhkan sejak lama di Cikarang,” ujar Setyono Djuanda Darmono, Pendiri sekaligus Presiden Direktur Jababeka.

Sementara, Airbus Helicopters Vice President and Head for Sales untuk Asia Tenggara dan Asia Pasifik Fabrice Rochereau mengatakan, “Inisiatif Jababeka untuk memperkenalkan layanan shuttle helikopter di kawasan industrinya akan menjadi contoh bagi industri lain."

"H130 adalah helikopter penumpang yang biasa untuk layanan shuttle antarkota dan wilayah terpencil, karenanya sempurna untuk proyek ini," imbuh Rochereau.

Airbus Airbus Helicopters H130
H130 adalah salah satu produk helikopter kelas ringan bermesin tunggal dari Aribus Helicopters yang mampu mengangkut hingga enam penumpang. Helikopter ini mampu terbang hingga jarak 329 mil laut (610 km) dengan kecepatan maksimal 130 knots atau 240 km/jam di ketinggian jelajah 15.000 kaki/4,7 km di atas permukaan laut.

Tidak disebut berapa nilai MoU antara Jababeka dengan Airbus Helicopters. Namun, di pasaran, saat ini satu unit H130 dibanderol 3,6 juta dollar AS (sekitar Rp 48 miliar).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.