Kompas.com - 22/02/2016, 18:26 WIB
Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) PrimusLogo Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perbankan untuk dapat menurunkan marjin bunga bersih atau net interest margin (NIM).

Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon, apabila NIM turun, maka diharapkan suku bunga kredit perbankan pun dapat menyesuaikan.

Nelson menyebut, saat ini NIM perbankan nasional masih terlalu tinggi. (Baca : Margin Bunga Bersih Industri Perbankan 2015 Meningkat Tajam Mencapai 5,39 Persen).

Untuk mendorong penurunan NIM tersebut, maka regulator tengah mengkaji dua pilihan kebijakan.

"Apakah dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) itu nantinya akan mengatur secara konkrit angkanya (NIM) atau besaran angkanya (NIM) hanya supervisory action saja," kata Nelson di Jakarta, Senin (22/2/2016).

Perbankan yang telah berhasil menurunkan NIM, kata Nelson, akan diberikan insentif antara lain kemudahan membuka jaringan kantor cabang.

Selain itu, OJK juga mempermudah perizinan produk-produk baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nelson memandang, insentif tersebut dapat mendorong perbankan menurunkan biaya dana dan biaya operasional.

Sehingga, pada akhirnya akan dapat menurunkan suku bunga kredit perbankan. (Baca : Semangat Memerangi Suku Bunga Tinggi dan Kebiasaan yang Sulit Diubah).

"Suku bunga kredit itu dipengaruhi dua hal yakni eksternal dan internal. Yang kita dorong tadi dari sisi internalnya," jelas Nelson.

Di sisi lain, Nelson menekankan, efesiensi juga harus ditopang dengan faktor eksternal yakni biaya dana, dalam hal ini dana pihak ketiga (DPK).

"Suku bunga DPK juga harus turun, maka dampak efisiensi akan meningkat signifikan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.