Ilham Habibie Optimistis Garuda dan Lion Bakal Lirik Pesawat R80

Kompas.com - 24/02/2016, 05:29 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie optimis PT Garuda Indonesia (Persero) melalui anak usahanya Citilink, dan Lion Air Group bakal melirik pesawat buatan anak bangsa R80, apabila kebutuhan mereka meningkat.

Ilham mengatakan, dari kelima maskapai yang tergabung dalam Airlines Working Groups R80, tinggal dua maskapai saja yakni, Citilink dan Lion Air Group yang belum menjalin komitmen pengadaan pesawat jenis baling-baling itu.

Tiga maskapai lain, yakni Nam Air, Kalstar, dan Trigana Air sudah berkomitmen untuk membeli pesawat R80 masing-masing sebanyak 100 unit, 25 unit, dan 20 unit.

Sementara dua maskapai lain sudah tidak beroperasi yakni Sky Aviation dan Merpati.

"Kita kenal mereka, tapi dia (Citilink dan Lion) kan butuhnya pesawatnya sekarang. Kalau kita kan sedianya setelah 2021," kata Ilham di Jakarta, Selasa (23/2/2017).

Atas dasar itu, baik Lion maupun Citilink saat ini lebih pragmatis membeli pesawat yang sudah siap, seperti ATR.

Meski begitu, Ilham mengatakan pihaknya tidak meragukan komitmen dari Garuda maupun Lion untuk mendukung dan menggunakan produksi anak bangsa.

Keyakinan itu ditambah dengan teknis kapasitas yang bisa dibilang lebih besar R80 daripada ATR.

R80 diharapkan bisa menjadi solusi manakala ada kebutuhan untuk mengangkut penumpang lebih besar di kemudian hari.

"Dia (ATR) kan mulai 70an seat. Kita mulai 80 seat ke 100 seat. Kalau dia (Citilink dan Lion) punya kebutuhan meningkat, dia butuh pesawat lebih besar. Karena slot terbatas juga kan. Jadi sudah ada solusi (pesan di RAI)," jelas Ilham.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X